Philippe Coutinho, Penyesalan Mendalam Inter Milan

JawaPos.com – Salah satu pemain Barcelona yang menjadi sorotan Inter Milan pada laga Kamis (25/10) dini hari nanti adalah Philippe Coutinho. Bukan hanya karena kemampuannya, melainkan rasa sesal dari kubu Inter yang sudah melepas anggota timnas Brasil itu lima tahun silam ke Liverpool.

Bagaimana tidak? Coutinho yang pada 2008 dibeli dari Vasco da Gama dengan “hanya” EUR 4 juta (Rp 69,6 miliar) kini berbanderol EUR 160 juta (Rp 2,78 triliun) saat dibeli Barca tengah musim lalu dan berstatus salah satu gelandang terbaik dunia. Nominal itu melonjak 40 kali lipat dari harga awal pemain 26 tahun tersebut ketika didatangkan La Beneamata.

Padahal, kala itu Coutinho sudah dilabeli Interisti salah satu pilar masa depan Inter. Namun, dikarenakan usianya belum menginjak 18 tahun, hingga 2010 dia dipinjamkan ke Vasco.

Tetapi, sekembalinya ke Italia ketika sudah 18 tahun, Coutinho tidak kunjung dapat kepercayaan. Bahkan pada paro musim 2011-2012 dia dipinjamkan ke Espanyol hingga akhir musim.

Memasuki musim baru, ternyata peruntungan Coutinho tidak banyak berubah. Dia akhirnya dilego ke Liverpool pada pertengahan musim 2012-2013 dengan biaya EUR 9,6 juta (Rp 167 miliar). Total selama di Inter dia tampil di 47 laga dan mencetak 5 gol.

Karirnya bersama The Reds yang membuat Coutinho jadi pemain brilian dan berbanderol super mahal bersama Barca. Bersama The Reds, Coutinho tampil dalam 201 pertandingan dan membukukan 54 gol.

“Saya sadar bahwa akan menjadi pemain profesional ketika menandatangani kontrak pertama saya dengan klub Eropa pada usia 16 tahun, Inter. Namun, saya masih sangat muda dan itu sangat sulit bagi saya,” ucap Coutinho seperti dilansir Goal.

“Saya datang ke Italia bersama orang tua dan pacar saya, yang sekarang jadi istri saya. Saya akan mati bila pergi sendiri karena dukungan keluarga sangat penting,” pungkasnya.

(io)